Table of Contents

Yayasan Desa Hijau – Luka bakar adalah kerusakan pada jaringan kulit atau jaringan tubuh lainnya yang disebabkan oleh panas, bahan kimia, radiasi, atau gesekan. Luka bakar dapat terjadi dalam berbagai tingkat keparahan, mulai dari luka bakar ringan hingga luka bakar yang sangat parah.

Paparan panas yang tinggi, seperti terkena api, uap air panas, permukaan logam yang panas, atau bahan cair yang panas, dapat menyebabkan luka bakar. Ini adalah penyebab paling umum dari luka bakar. Bahan kimia yang korosif atau iritatif seperti asam, alkali, atau bahan kimia industri tertentu dapat menyebabkan luka bakar pada kulit dan jaringan tubuh.

Luka bakar juga dapat disebabkan oleh sengatan listrik, ledakan, atau kontak dengan objek yang sangat dingin seperti nitrogen cair atau benda-benda beku. Pada dasarnya, luka bakar terbagi menjadi tiga tingkat berdasarkan kedalaman dan luas kerusakan jaringan:

 

1. Luka bakar tingkat pertama (luka bakar permukaan): Merupakan luka bakar yang hanya mempengaruhi lapisan terluar kulit, yaitu epidermis. Biasanya ditandai dengan kemerahan, nyeri, dan pembengkakan pada area yang terkena. Contoh umum luka bakar tingkat pertama adalah luka bakar matahari.

 

2. Luka bakar tingkat kedua (luka bakar parsial): Luka bakar ini melibatkan lapisan epidermis dan dermis, yaitu lapisan kulit yang lebih dalam. Biasanya ditandai dengan kemerahan, lecet, bula-bula atau gelembung berisi cairan, serta nyeri yang lebih intens. Luka bakar tingkat kedua dibagi lagi menjadi dua jenis, yaitu luka bakar tingkat kedua superfisial (melibatkan dermis bagian atas) dan luka bakar tingkat kedua dalam (melibatkan dermis bagian bawah).

 

3. Luka bakar tingkat ketiga (luka bakar penuh): Merupakan luka bakar yang paling parah, melibatkan semua lapisan kulit, termasuk jaringan di bawahnya seperti otot dan tulang. Luka bakar tingkat ketiga ditandai dengan kulit yang terlihat putih, coklat, atau hitam, serta nyeri yang mungkin tidak seintens pada luka bakar tingkat kedua karena kerusakan saraf. Luka bakar tingkat ketiga membutuhkan perawatan medis yang segera.

PERTOLONGAN PERTAMA PADA LUKA BAKAR

Pertolongan pertama pada luka bakar penting untuk mengurangi rasa sakit, mencegah infeksi, dan mempercepat proses penyembuhan. Berikut adalah langkah-langkah pertolongan pertama pada luka bakar:

 

1. Amankan area: Pastikan Anda dan korban berada dalam keadaan aman dari bahaya yang mungkin menyebabkan lebih banyak cedera. Matikan sumber panas jika memungkinkan dan pindahkan korban dari area yang berbahaya.

 

2. Dinginkan luka: Luka bakar tingkat pertama dan kedua superfisial dapat didinginkan dengan mengalirkan air dingin ke area yang terbakar selama sekitar 10-20 menit. Pendinginan dengan air dingin membantu mengurangi rasa sakit, mencegah kerusakan lebih lanjut pada jaringan, dan mengurangi pembengkakan. Hindari penggunaan es atau air sangat dingin karena dapat menyebabkan kerusakan pada jaringan.

 

3. Lepaskan benda yang menempel: Jika ada pakaian atau benda lain yang menempel pada luka, hindari mencabutnya sendiri. Jika memungkinkan, potonglah sekitar area yang menempel dengan gunting bersih. Jangan menarik atau merobek benda yang menempel, karena itu dapat menyebabkan luka lebih parah.

 

4. Tutup luka: Setelah dingin, tutup luka dengan kasa steril atau perban yang bersih. Tutupan ini bertujuan untuk melindungi luka dari kontaminasi dan infeksi. Jangan menggunakan kapas langsung pada luka karena seratnya dapat menempel pada luka dan menyebabkan infeksi.

 

5. Berikan obat pereda nyeri: Jika diperlukan, berikan obat pereda nyeri bebas yang sesuai seperti parasetamol atau ibuprofen. Pastikan untuk mengikuti petunjuk dosis yang dianjurkan dan perhatikan kontraindikasi yang mungkin ada.

 

6. Cari perawatan medis: Jika luka bakar parah atau luas, atau jika luka bakar melibatkan wajah, tangan, kaki, atau kelamin, segera cari perawatan medis. Luka bakar tingkat ketiga atau luka bakar yang disebabkan oleh bahan kimia atau listrik harus ditangani oleh tenaga medis profesional.

luka bakar yang parah atau luas memerlukan perawatan medis yang segera. Ingat, langkah-langkah pertolongan pertama tersebut hanya bertujuan untuk memberikan bantuan awal dan penanganan lebih lanjut oleh tenaga medis profesional tetap diperlukan dalam kasus luka bakar yang serius atau luas. Jika luka bakar mencakup luka bakar tingkat ketiga atau melibatkan area wajah, tangan, kaki, atau kelamin, segera hubungi layanan darurat atau pergi ke unit gawat darurat terdekat. 


 
 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait