Table of Contents

Yayasan Desa Hijau – Sedekah merupakan salah satu amalan yang sering dilakukan oleh orang yang beragama islam. Selain memberikan manfaat spiritual dan kepuasan batin bagi orang yang bersedekah, sedekah juga memiliki manfaat yang nyata dan berkelanjutan bagi penerima manfaatnya.

Sedekah juga didefinisikan sebagai amalan yang akan terus mengalir kepada orang lain bahkan sampai pemberinya meninggal dunia. Manfaat yang dapat kita ambil adalah:

  1. Investasi dalam kehidupan akhirat

Dengan melakukan sedekah jariyah, kita akan mendapatkan pahala yang terus mengalir sampai kita meninggal. 

  1. Membantu memenuhi kebutuhan dasar

Misalnya, seseorang membangun masjid, pusat kesehatan, atau sekolah. Sedekah jariyah memberikan banyak pahala mengalir dari membangun hal tersebut. Dengan demikian, sedekah jariyah dapat meningkatkan kualitas hidup atau kesejahteraan bagi masyarakat.

  1. Meningkatkan pengetahuan dan keterampilan

Melalui sedekah jariyah dalam bentuk pendidikan seseorang dapat meningkatkan akses dan kualitas pendidikan bagi masyarakat. Pengetahuan dan keterampilan ini dapat menjadi modal yang berharga dalam meraih kesempatan kerja yang lebih baik dan berkontribusi pada pembangunan sosial dan ekonomi masyarakat.

  1. Mengatasi masalah jangka panjang

Sedekah jariyah juga mengatasi masalah jangka panjang. Misalnya dengan mendirikan lembaga keuangan mikro atau meluncurkan pelatihan keterampilan.

  1. Meninggalkan warisan yang berkelanjutan

Sedekah jariyah menciptakan jejak amal yang berlangsung setelah kepergian seseorang dari dunia ini. Sebagai pemberi sedekah, sahabat tidak hanya memberikan manfaat kepada orang lain selama hidup sahabat, tetapi juga melanjutkan memberi manfaat bahkan sampai sahabat meninggal dunia. 

Dengan melakukan sedekah jariyah, seseorang dapat mengubah kehidupan banyak orang, menyumbang keberkahan, dan mendapatkan pahala yang terus mengalir. Oleh karena itu, mari kita manfaatkan kesempatan ini untuk melakukan sedekah jariyah dan berkontribusi dalam membangun masyarakat yang lebih baik lewat yayasandesahijau.or.id

Artikel Terbaru

Artikel Terkait