Table of Contents

Yayasan Desa Hijau – Sedekah adalah gerakan yang mendorong umat muslim untuk memberikan sedikit rezekinya kepada mereka yang membutuhkan.

  1. Fakir Miskin

Mereka adalah orang yang hidup dengan kekurangan dan kesulitan finansial. Sedeka kepada mereka dapat memenuhi kebutuhan dasar mereka seperti makanan, pakaian, dan tempat tinggal.

  1. Anak yatim

Anak yatim bagi mereka yang telah kehilangan salah satu oang tuanya atau bahkan keduanya. Mereka membutuhkan perhatian khusus.

  1. Dhuafa

Merujuk kepada orang yang membutuhkan bantuan khusus atau cacat fisik yang menghalangi mereka untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

  1. Orang tua dan lansia

Mereka mungkin menghadapi keterbatasan fisik atau kesulitan finansial atau mendapatkan perawatan medis yang diperlukan.

APAKAH SEDEKAH SEMBUNYI LEBIH UTAMA?

Saat bersedekah tentunya sahabat ingin berusaha dengan baik dan semaksimal mungkin. Mereka tidak menuntut balasan atau pujian dari orang lain, tetapi mereka hanya berharap Allah SWT yang mengetahui . Sehingga sedekah secara sembunyi-sembunyi lebih utama daripada sedekah terang-terangan.

Ada banyak sekali manfaat yang akan diperoleh dari sedekah maupun sembunyi-sembunyi atau sir. Diantaranya adalah:

  1. Keikhlasan yang lebih tinggi

Mengapa dinyatakan lebih tinggi? Hal ini dikarenakan tanpa adanya pamrih atau mencari pengakuan dari orang lain. Maka tindakan tersebut murni dilakukan hanya karena Allah SWT.

  1. Sebagai ujian 

Sedekah sembunyi-sembunyi merupakan ujian bagi kita untuk melawan nafsu dan kesombongan. Ketika saat bersedekah tidak ada yang melihat, kita menghindari kemungkinan timbulnya rasa sombong atau riya dalam hati kita.

  1. Melindungi harga diri penerima

Dalam beberapa situasi ada orang yang enggan atau bahkan malu untuk menerima sedekah karena takut diketahui bahwa mereka membutuhkan bantuan

Meskipun sedekah sembunyi-sembunyi memiliki keutamaan khusus, bukan berarti sedekah terang-terangan atau terbuka tidak bernilai. Sedekah apapun, berapapun nominalnya yang diberikan dengan ikhlas tetap akan bernilai. Nah, sahabat tidak perlu bingung mencari penyalur sedekah yang baik, sahabat bisa bersedekah di Yayasan kami, Yayasan Desa Hijau.


Artikel Terbaru

Artikel Terkait