Table of Contents

Yayasan Desa Hijau – Syarat Hewan Kurban Sesuai Syariat Islam 

Apa itu hewan kurban?

hewan kurban merupakan hewan ternak yang dapat diperah susunya dan dikonsumsi dagingnya. Hewan kurban adalah hewan yang akan disembelih pada hari tertentu yaitu hari raya Iduladha. Yang mana kurban merupakan ibadah yang dilakukan sebagai bentuk ketaqwaan kita terhadap perintah Allah dan dalam mengikuti sunnah Nabi Ibrahim yang siap mengorbankan putranya, Ismail.

Apa Saja Syarat Hewan Kurban yang Sesuai dengan Syariat Islam?

  1. Kondisi sehat

Pastikan hewan kurban memiliki kondisi yang sehat (tidak berpenyakit). Dapat anda lihat dari alat panca indranya, seperti mata cerah dan tidak belekan, hidung basah dan bersih, bulu bersih dan tidak kusan, kotoran normal (tidak mencret), hewan tidaklah kurus, gerakannya lincah, dan tentu memiliki nafsu makan yang baik.

  1. Tidak cacat

Sesuai dengan syariat islam, dalam menunaikan ibadah kurban, hewan yang akan dikurbankan tidak boleh memiliki cacat seperti, tidak buta, tanduk tidak utuh, tidak pincang, daun telinga haruslah utuh dan buah zakar utuh lengkap sepasang.

  1. Umur yang cukup

Umur hewan dapat ditandai dengan tumbuhnya sepasang gigi tetap. 1 tahun lebih untuk kambing dan domba, 2 tahun lebih untuk sapi dan kerbau.

Syarat Ketentuan Hewan Kurban: 

Setiap tahun, umat Muslim di seluruh dunia merayakan Hari Raya Idul Adha dengan menyembelih hewan kurban sebagai tanda pengabdian kepada Allah SWT. Proses kurban melibatkan persiapan yang matang dan pemenuhan beberapa syarat agar hewan kurban sah dan sesuai dengan ketentuan agama. Berikut adalah beberapa syarat dan ketentuan yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaan kurban:

  1. Jenis Hewan yang Dapat Dikurbankan:

Hewan yang dapat dikurbankan adalah hewan ternak yang halal dan memiliki usia yang memenuhi syarat. Dalam Islam, hewan yang dapat dikurbankan adalah sapi, kambing, dan domba. Hewan-hewan ini harus dalam keadaan sehat, tanpa cacat fisik atau penyakit yang mengganggu kelayakan konsumsi dagingnya.

 

  1. Kelayakan Hewan Kurban:

Hewan kurban harus memenuhi persyaratan tertentu sebelum dapat dikurbankan. Beberapa faktor yang perlu diperhatikan meliputi usia hewan, di mana sapi harus berusia minimal 2 tahun, sedangkan kambing dan domba minimal 1 tahun. Selain itu, hewan kurban juga harus memiliki berat badan yang mencukupi untuk memenuhi syarat kurban. 

  1. Kualitas dan Keadaan Hewan Kurban:

Hewan kurban harus dalam kondisi sehat, baik secara fisik maupun mental. Mereka tidak boleh memiliki cacat bawaan atau cacat yang mempengaruhi nilai kehalalannya. Selain itu, hewan kurban juga harus dijaga dengan baik sebelum pelaksanaan kurban, diberi makan yang cukup, dan ditempatkan dalam lingkungan yang bersih dan aman.

  1. Pelaksanaan Sembelihan:

Sembelihan hewan kurban harus dilakukan dengan cara yang benar sesuai dengan ketentuan agama. Sembelihan harus dilakukan oleh orang yang berkompeten dan memiliki pengetahuan tentang proses penyembelihan yang Islami. Pemotongan dilakukan dengan tajam dan cepat pada leher hewan dengan menyebut nama Allah SWT.

  1. Pembagian Daging Kurban:

Setelah penyembelihan, daging kurban dibagi menjadi tiga bagian. Satu bagian diberikan kepada keluarga yang menyembelih hewan kurban, satu bagian diberikan kepada kerabat dan tetangga, dan satu bagian disumbangkan kepada orang-orang yang membutuhkan dalam bentuk amal atau sedekah.

  1. Penyembelihan dalam Waktu yang Tepat:

Kurban harus dilaksanakan pada waktu yang ditentukan, yaitu pada hari-hari tertentu dalam bulan Dzulhijjah, terutama pada hari-hari Tasyriq. Penyembelihan dilakukan setelah pelaksanaan shalat Idul Adha dan khutbah Idul Adha selesai. 

  1. Kepatuhan terhadap Ketentuan Hukum dan Regulasi:

Selain ketentuan agama, hewan kurban juga harus mematuhi ketentuan hukum dan regulasi yang berlaku di negara masing-masing. Ini termasuk persyaratan higienis dan sanitasi dalam penyembelihan serta pemrosesan daging kurban.

Penting untuk selalu mengikuti ketentuan dan petunjuk yang diberikan oleh otoritas agama dan pemerintah setempat dalam melaksanakan kurban. Hal ini akan memastikan bahwa kurban yang dilakukan sesuai dengan ajaran agama dan memenuhi standar kebersihan dan kelayakan konsumsi.

Jual Hewan Kurban Online Terlengkap, Berkualitas dan Amanah

Hari Raya Idul Adha kembali tiba, saat kita semua umat Muslim di seluruh dunia berkumpul dalam kebersamaan dan keikhlasan. Di tengah sukacita ini, kita dipanggil untuk merenung dan berintrospeksi tentang makna yang lebih dalam dari kurban.

Berkurban bukan hanya sekadar menyembelih hewan sebagai bagian dari ritual ibadah. Lebih dari itu, berkurban adalah bentuk pengabdian diri kepada Allah SWT dan pencerminan kasih sayang serta kepedulian kita kepada sesama makhluk-Nya. Dalam setiap tetes darah yang mengalir, terdapat nilai-nilai mulia yang mengajak kita untuk menjadi lebih baik sebagai umat manusia.

Marilah kita hadapi tantangan ini dengan hati yang penuh kesyukuran dan keikhlasan. Marilah kita saling mengingatkan dan mendorong satu sama lain untuk berbagi, berempati, dan peduli terhadap mereka yang membutuhkan. Jangan biarkan diri kita terlena dalam kenyamanan hidup dan lupa akan tanggung jawab sosial kita sebagai umat Muslim.

Yuk, saudaraku! Mari kita bergandengan tangan dalam semangat berkurban, memancarkan cahaya kasih sayang dan kepedulian kepada sesama, dengan berkurban di Yayasan Desa Hijau.

Yayasan Desa Hijau memfasilitasi Saudara sekalian untuk dapat berkurban dengan mudah. Semoga Allah SWT menerima kurban kita dengan ridhoNya, menjadikan kita pribadi yang lebih baik, dan melimpahkan rahmat serta kebahagiaan di hari yang suci ini. Selamat Hari Raya Idul Adha, selamat berkurban, dan semoga kita semua diberkahi-Nya.

 

Dapatkan hewan kurban berkualitas dengan harga terbaik hanya di Yayasan Desa Hijau! Temukan ragam aneka dan jenis hewan kurban lainnya seperti kambing, domba, sapi dan kerbau di website yayasandesahijau.or.com dijamin hemat dan praktis. hewan akan diantarkan langsung sampai depan pintu rumahmu. Di Yayasan Desa Hijau, Anda dapat menikmati berbagai flash sale menarik. Yuk, beli hewan kuban di Yayasan Desa Hijau.

 

Artikel Terbaru

Artikel Terkait